Pantai Pink Lombok, Potongan Surga yang Jatuh ke Bumi

Pantai Pink Lombok, Potongan Surga yang Jatuh ke Bumi

Pantai Pink Lombok – Pulau Lombok, mendengar nama sebuah pulau kecil di Indonesia Tengah, pasti Anda akan langsung membayangkan sebuah pulau yang dikelilingi oleh pantai-pantai yang indah. Tak heran jika pulau cantik dengan julukan “Pulau Seribu Masjid” ini mempunyai panorama pantai yang luar biasa.

Keindahan pantai identik dengan pasir, pantai pasir hitam mungkin biasa saja, pantai pasir putih tentu sangat indah, tapi bagaimana dengan pantai pasir pink? Pasti menakjubkan. Di beberapa belahan dunia, banyak terdapat kawasan wisata pantai yang memiliki keunikan pasirnya, salah satunya ada di Pulau Lombok.

Untuk akses menuju pantai pink Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di Lombok yang akan memandu perjalanan Anda. Juga terdapat paket wisata Lombok terpercaya.

Sejarah

Pantai ini sebelumnya dikenal dengan nama Pantai Tangsi. Nama barak ini konon berasal dari zaman Jepang kuno, dimana pantai ini digunakan sebagai barak oleh tentara Jepang yang baru saja mendarat.

Tangsi sendiri berarti asrama atau barak. Dulu, pantai di Jerowaru juga hanya menjadi pantai transit bagi para nelayan. Pantai berpasir pink di pulau Lombok ini adalah pantai pink kedua di Indonesia.

Pada awalnya sekitar tahun 2009 pantai ini hanya dikunjungi oleh warga sekitar Lombok Timur, dengan keunikan pantai pasir merah muda akhirnya sekitar tahun 2013 beberapa pemuda Lombok Timur yang suka mengeksplor keindahan alam pulau Lombok mencoba mengangkat objek wisata ini agar lebih dikenal.

oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara melalui media sosial dan hingga saat ini pantai tangsi ini lebih dikenal dengan nama Pink Beach Lombok.

Keunikan

Pantai Pink Lombok memiliki pesona tersendiri karena warna pasirnya yang unik, pasir di pantai ini terlihat berwarna pink. Warna pink pada pasir pantai ini terjadi karena pasir putih yang menyatu dengan butiran-butiran terumbu karang berwarna merah, dan memiliki efek kemerahan setelah bercampur dengan air laut.

Pantai Pink Lombok

Kemudian pantulan sinar matahari dan paparan air laut menjadikan warna pink pada pasir pantai ini. pasir lebih terlihat. Terumbu karang merah ini tumbuh di perairan dangkal Pantai Tangsi dan terbawa ombak menuju pantai.

Warna pink pada pasir pantai ini sangat bervariasi, 20-30% pada pagi hari, 50% pada siang hari dan pada sore hari akan terlihat jelas warnanya antara 80-90%. wah sungguh menawan.

Kealamian dan kebersihan pantai ini sangat terjaga, hal inilah yang membuat kita merasa nyaman. Angin sepoi-sepoi yang ditunjang oleh mentari yang bersinar terik selalu menemani Anda saat berada di sini. Suasananya yang tenang sangat cocok untuk menenangkan pikiran setelah seminggu beraktivitas, memang Pink Beach Lombok bagaikan “sepotong surga di bumi”.

Tempat Wisata Di Sekitar Pantai Pink Lombok

Selain pantai yang mempesona, tidak jauh dari kawasan pink beach terdapat gua peninggalan Jepang, di atas bukit di sisi tengah pantai pink. Gua peninggalan Jepang ini memiliki panjang 50 meter dengan ketinggian 1,5 m.

Selain sebagai tempat persembunyian saat Perang Dunia II, goa ini menjadi tempat untuk memata-matai musuh karena letaknya yang strategis dan menghadap pantai pink yang indah.

Pantai Pink Lombok menawarkan pemandangan yang menakjubkan, selain pasir merah muda yang unik, dan dikelilingi oleh tebing tinggi. ombaknya tenang dan kecil, sehingga Anda bisa memanjakan diri dengan berenang atau snorkeling di kawasan ini. Pantai ini juga diapit oleh 2 bukit yang menjorok keluar seperti teluk.

Keindahan Pantai Pink Lombok juga terlihat sempurna dengan hamparan perbukitan di sekitarnya. Di sisi kiri terdapat sebuah bukit dengan padang rumput yang luas dan dari bukit ini pemandangan Pantai Pink Lombok terlihat sangat indah.

Dilihat : 191 kali